Menjadi Pemeran Pendamping

Tak semua orang bisa menjadi pemeran utama dalam sebuah opera. Bukan karena ketidakmampuannya, melainkan ada banyak posisi—selain pemeran utama—yang harus diisi juga. Dalam hal ini, para pemeran pendampinglah yang menjadi kunci utama.
Pemeran utama dan pemeran pendamping, saya rasa hanya masalah 'posisi main' saja. Jika sang pemeran utama posisinya di tengah depan, maka pemeran pendamping berada di belakang samping. Hanya masalah posisi saja bukan?
Bicara tentang kepentingan, keduanya tak bisa dibandingkan mana yang lebih penting. Tantangan di kedua posisi akan berbeda. Terlepas dari kekaguman saya terhadap tokoh sentralnya, para pemeran pendamping pun menginspirasi dengan caranya sendiri.

Menjadi pemeran pendamping berarti setia, setia mendampingi dan membersamai.
Menjadi pemeran pendamping berarti menguatkan di saat lemah, membantu di kala susah, melindungi meski harus berdarah, dan menenangkan hati yang gelisah.
Menjadi pemeran pendamping berarti menahan ego untuk tidak melangkah ke tengah,  menahan suara agar tetap rendah, dan bersiap mental untuk tidak mendapat tepuk tangan meriah.

Alhamdulillah, saya ditantang anak-anak Kastrad Gen 4 untuk turut serta meramaikan #kissKASTRAD. Tema tulisan kali ini adalah #TokohInspiratif (disertai foto bersama tokoh tersebut).
Sebenarnya ada banyak sekali orang yang menginspirasi saya di dunia ini. Namun untuk tulisan ini, biarkan saya mengkhususkan para pemeran pendamping sebagai #TokohInspiratif. Pemeran pendamping di sini bukan hanya para pemain opera, melainkan ada banyak sekali bentuknya. Mereka bisa berwujud para pegawai kantor yang mendampingi direkturnya, asisten rumah tangga yang mendampingi majikannya, staf organisasi yang mendampingi ketuanya, ataupun para wanita pendamping hidup suaminya. Poin pentingnya bukanlah dimana posisi mereka, melainkan memainkan peran masing-masing dengan sebaik-baiknya usaha, dimanapun mereka berada.

Karena untuk membuat bulan terlihat indah, mereka tak harus menjadi mataharinya, karena tak semua orang mau menjadi kegelapannya.

"Even most of important cells in our body have their own supporting cells."

#TokohInspiratif
#kissKASTRAD
#TerimaKasihHMPD

Surakarta, 10 Februari 2017.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top